Senin, 02 Maret 2015

INTERNET MARKETING SOLUSI PEMASARAN


INTERNET MARKETING SOLUSI PEMASARAN

 

ABSTRAK
FEBRIANTO RAMDAHAN
Internet Marketing Solusi Pemasaran
5 Halaman
Peluang bisnis saat ini sedang terbuka lebar, namun beberapa produsen masih belum meng-upgrade senjata pemasaran mereka untuk mencapai provit sebanyak – banyaknya untuk bisa survive di bisnis yang mereka bangun. Sebagian produsen masih saja memakai konsep ekonomi tradisional, di mana proses marketing mereka masih menggunakan metode bertatap muka contoh dengan metode pembagian brosur dan pameran. Selain itu, banyak faktor penghambat yang menghadang proses pemasaran produk membuat para produsen harus memutar otak.
Untuk itu di perlukan suatu perubahan dalam metode pemasaran atau marketing produk itu sendiri. Memanfaatkan perkembangan zaman di bidang teknologi informasi dan komunikasi, timbulah suatu konsep ekonomi yang berbasis elektronik terutam pemfokusan penggunaan internet yang disebut dengan e – commerce. Manfaat yang besar untuk marketing produk membuat e – commerce tidak bisa di pandang sebelah mata. Banyaknya netters (pengguna internet) membuat para produsen dapat menjual produknya di semua kalang usia yang berbeda – beda.
Sealain itu produsen dapat melakukan riset pasar baik di dalam negeri maupun internasional. Dengan mendukung support customer service demi meningkatkan pelayanan dan ketersedian informasi produk, dapat meningkatkan popularitas akan Branding produk, menyediakan kenyamanan, serta rasa percaya yang di berikan konsumen kepada produsen. Sehingga menciptakan lingkungan ekonomi pasar yang sehat dengan daya konsumsi barang atau jasa yang meningkat. Contoh di atas merupakan peran dari internet marketing solusi pemasaran.



INTERNET MARKETING SOLUSI PEMASARAN
Internet merupakan hasil dari perkembangan dunia di bidang informasi dan telekomunikasi yang memiliki banyak sekali fungsi dan kegunaan. Awalnya internet di buat untuk tujuan militer, namun sejak perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi internet kini merambah hampir di semua bidang kehidupan manusia. Peran internet yang besar inilah membuat perkembangan internet terus melesat maju, apa lagi di barengi dengan teknologi - teknologi yang dapat menghubungkan masyarakat di belahan dunia manapun dan kapanpun.
Salah satu bentuk perkembangan internet itu sendri adalah perkembangan web. Web adalah suatu aplikasi yang berisikan dokumen – dokumen multimedia seperti teks, gambar, suara, animasi, video ( M. Rudyanto Arief 2011 ). Lalu bagaimana peran internet khususnya web dalam bidang ekonomi yang berkaitan dengan marketing atau penjualan suatu jasa ?. Meneliti beberapa tahun belakangan ini sebulum adanya perkembangan internet terutama website, para pelaku ekonomi terutama produsen yang ingin memasarkan produknya sering mengalami kesulitan.
Kesulitan itu di mulai ketika suatu jasa atau produk telah selesai di buat, maka langkah berikutnya adalah penjualan itu sendiri membutuhkan dana yang besar. Dana yang besar tersebut di sebabkan berbagai hal salah satunya pengiriman barang kepada resailer atau agen pertama yang menerima barang. Hal ini biasanya terjadi jika posisi resailer berada di luar daerah atau bahkan berada di luar pulau. Selain itu adanya interaksi antara permintaan dan pernawaran barang atau jasa tertentu sehingga terbentuk harga pasar yang berbeda – beda di setiap daerahnya, hal ini membuat pembagian dana marketing suatu purusahaan berbeda pula.
Selain memerlukan dana yang besar, kebutuhan akan tenaga kerja dan waktu yang di perlukan, tidak selaras dengan hasil yang di terima produsen atau perusahaan yang masih menggunakan marketing tradisional. Serta tinggi rendahnya dana produksi suatu perusahaan disebabkan oleh tingkat upah para pekerja. Tingginya biaya upah pekerja akan mengakibatkan kenaikan harga produksi, sehingga hal ini biasanya di barengi dengan kenaikan harga per unit produk yang di hasilkan.
Hal ini bisa berdampak buruk bagi perusahaan itu sendiri, naiknya harga per unit barang atau jasa yang di jual ke konsumen bisa mengakibatkan timbulnya reaksi di mana konsumen mengurangi jatah pembelian barang mereka atau bahkan para konsumen tidak lagi membeli barang tersebut. Sehingga akan muncul suatu konsep perubahan skala produksi yang di sebut dengan scalla effect dimana sebuah kondisi yang memaksa suatu produsen mengurangi jatah produksi mereka, yang selanjutnya juga dapat berdampak pada pengurangan jumlah tenaga kerja perusahaan.
Selain kedua faktor di atas, faktor yang sangat penting dalam marketing atau pemasaran produk itu sendiri adalah cangkupan wilayah penjualan barang produksi. Pada penjualan tradisional biasanya suatu barang di pasarkan di daerah yang banyak peminatnya, namun terkadang para konsumen tersebut berada di daerah yang berbeda – beda dan jauh dari lokasi prodesen, hal inilah yang menyebabkan produsen kehilangan konsumen, karena penjualan para produsen belum bisa menembus semua sector pasar yang menjanjinkan, contohnya konsumsi barang antara pulau Jawa dengan pulau Kalimantan, di pulau Jawa masyarakatnya sangat senang dengan perabot rumah tangga yang terbuat dari kayu belian, namun kesulitan mendapatkan produk tersebut karena produk yang berasal dari Kalimantan belum bisa menembus pasar di pulau Jawa.
Faktor lain datang dari konsumen itu sendiri, sifat konsumsi barang atau jasa para konsumen berbeda – beda hal ini tergantung dari kebutuhan, passionate ( kegemaran ), dan promosi produk itu sendiri. Terkadang konsumen lebih memilih suatu barang dengan rmerek produk yang terkenal atau produk yang sedang booming / trend di pasaran. Hal ini berkaitan dengan informasi produk, untuk itu kemudahan dalam mencari informasi tentang produk berpengaruh besar terhadap penjualan produk itu sendiri. Biasanya ini terjadi pada pengusaha kecil – kecilan yang masih menggunakan brosur sebagai sarana informasi dan promosi barang atau jasa.
Lalu bagaimana cara menyikapi masalah – masalah yang terjadi khususnya pada marketing atau pejualan barang dan jasa ?. Apakah para pengusaha kecil harus gulung tikar karena kalah dengan pengusaha dengan modal besar yang sudah memiliki senjata dalam pemasaran produknya ?.
Disinilah peran internet kususnya web dalam menjawab tantangan ekonomi kreatif yang mulai beralih dari ekonomi tradisional ke ekonomi modern. Perubahan ini mulai menggunakan internet sebagai senjata yang mematikan dalam marketing dan promosi barang atau jasa. Berkembangnya infrastruktur pendukung yang cukup pesat seperti internet, kebutuhan pelaku industry untuk menggunakan internet dan web saat ini sebagai layanan tambahan dalam bisnis mereka, masyarakat yang menganggap web saat ini sudah menjadi bagian dari aspek kehidupan mereka khususnya masyarakat perkotaan. Dan saat era DotCom telah berkembang dan para perusahaan mulai banyak menggunkan web maka muncullah konsep baru dalam perdagangan yang berbasis elektronik dengan internet sebagai senjata utama perdagangan yang murah dan multifungsi, konsep ini disebut dengan e-commerce.
Dalam e –commerce banyak sekali barang atau jasa yang di tawarkan, cangkupan pasar di internet sangat luas bahkan sampai menembus pasar internasional. Di internet para produsen dapat mendapatkan data yang di perlukan untuk marketing mereka, seperti pola perilaku konsumsi konsumen, jenis barang yang sedang trend, dan masih banyak lagi. Bayangkan saja pengguna internet saat ini sudah sangat banyak jumlahnya mulai dari kalangan kanak – kanak, remaja, hingga orang dewasa yang memiliki banyak sekali kebutuhan yang berbeda – beda.
Pengusa dapat mengurangi dana untuk pemasaran karena tidak perlu di pusingkan lagi dengan masalah waktu dan tenaga kerja yang di perlukan dalam pemasaran. Media social adalah salah satu contoh lahan yang bagus sebagai sarana marketing dan promosi suatu produk contohnya dengan banyaknya iklan yang di tampilkan di media social layaknya facebook, twitter, amazon yang sering tampil di blog atau web. Sehingga perusahaan dapat menekan naiknya harga per unit suatu produk, di mana hal ini berdampak pada sehatnya pangsa pasar yang di akibatkan niat beli konsumen tinggi.
Manfaat yang di dapat dari internet marketing adalah :
  •   Sarana promosi Brand produk suatu perusahaan
  •   Mengurangi biaya pemasaran yang cukup besar
  •   Marketing mencangkup ruang lingkup yang luas
  •   Memiliki target konsumen yang sangat besar
  •   Memudahkan konsumen dalam mencari informasi suatu produk
  •   Mampu bersaing dengan perusahaan bermodal besar
  •   Mudah dalam proses marketing
  •   Presentase keberhasilan marketing semakin besar
  •   Berpeluang menjalin kerjasama dengan pengusaha lain
Selain keuntungan di atas, keuntungan lain yang dapat meningkatkan kualitas bisnis anda seperti peningkatan customer service, pemasaran yang lebih responsive, serta kemudahan mendapatkan feedback produk yang baik dari konsumen. 2,4 milyard orang online, 65 juta penduduk Indonesia, dengan 1,3 milyard 680 juta mobile dari facebook, dan 500,000,000 twit perhari, merupakan pasar yang sangat menjanjikan.
Jadi sudah saatnya para pelaku ekonomi terutama pengusaha atau produsen beralih ke ekonomi yang menggunakan internet marketing solusi pemasaran, sebagai senjata marketing yang ampuh.



REFERENSI
Rudyanto Arief, M. 2011. Pemrograman Web Dinamis menggunakan PHP dan MySQL. Yogyakarta: Penerbit C.V ANDI OFFSET.
Nunnamea (2012). Persamaan Bisnis Pasar Tradisional dan Pasar Modern. From https://nunnamea.wordpress.com/2012/04/18/persamaan-bisnis-pasar-tradisional-dan-pasar-modern/, 27 February 2014
Seocontoh (2014). Contoh Sistematika Penulisan Karya Ilmiah. From http://www.seocontoh.com/2014/02/contoh-sistematika-penulisan-karya-ilmiah.html, 27 February 2014
Seocontoh (2014). Contoh Abstrak. From http://www.seocontoh.com/2014/01/contoh-abstrak.html, 27 February 2014
 Jangade (2014). Internet Marketing Untuk Pemasaran Produk Ukm. Form http://jangade.blogspot.com/2014/09/internet-marketing-untuk-pemasaran-produk-ukm.html, 27 February 2014
Esemka17a (2014). Peranan Internet Dalam Dunia Pemasaran. From esemka17a.blogspot.com/2012/01/peranan-internet-dalam-dunia-pemasaran.html, 27 February 2014
Iplusacademy (2014). Internet Is Your Money Magnet. Form WW.iPLUSacademy.com, 27 February 2014



VISIT MORE

STMIK AMIKOM YOGYAKARTA